Senin, 22 April 2013

Yang Unik Sejarah Boneka Barbie Hasil Kreasi Ruth Handler

Sejarah boneka Barbie hasil kreasi Ruth Handler ini memang cukup unik dan menyedot perhatian dari banyak orang, mulai dari orang dewasa hingga pada anak-anak.Boneka berbie ini adalah salah satu mainan yang selalu populer dan tetap eksis hingga jaman sekarang ini.Mungkin saja tidak banyak mainan boneka yang bisa bertahan dari jaman ke jaman.

Barbie adalah boneka yang diproduksi oleh Mattel Inc, yang merupakan sebuah perusahaan mainan asal Amerika.Boneka ini dirilis pertama kali pada tahun 1959 silam dan menjadi boneka fenomenal yang angka penjualannya sangat fantastis dan tak pernah kurang dari 1 juta unit perbulannya, semenjak awal pemunculannya hingga sekarang ini.Boneka Barbie ini seakan-akan mampu menyerap semua perhatian dan minat anak-anak, khususnya bagi anak perempuan.

Sejarah boneka Barbie ini berawal dari rasa prihatin Ruth Handler ketika melihat anak perempuannya, yang bernama Barbara, yang hanya bermain dengan boneka kertas dan juga memperlakukan boneka itu seperti seorang manusia sesungguhnya.Pada tahun 1950 itu, kebanyakan mainan yang diproduksi di Amerika adalah mainan untuk bayi saja.Karena melihat interaksi anaknya dengan boneka kertas itulah, ia kemudian mendapatkan sebuah ide cemerlang untuk memproduksi mainan yang diperuntukkan bagi anak-anak perempuan di atas usia 5 tahun.

Ruth pada saat itu juga sudah mendirikan perusahaan mainan Mattel bersama dengan Elliot Handler (suaminya).Akan tetapi pada awalnya, si suami kurang begitu optimis dalam menanggapi ide brilliant istrinya itu. Akan tetapi semuanya bisa berubah drastic ketika ia sedang berlibur dengan keluarganya ke Jerman pada tahun 1956. Pada sebuah toko mainan yang ada disana, ia menemukan boneka bernama Bild Lilli, yang diadaptasi dari gambar kartun kreasi Reinhard Beuthin. Mereka pun melihat banyak anak-anak yang sangat suka dan menggemari boneka tersebut.

Maka dari itu, Ruth dan Elliot pun segera membuat boneka sejenis yang diproduksi di negara mereka sendiri, yaitu Amerika Serikat. Mereka bekerja sama dengan Jack Ryan, yang merupakan designer Mattel dan menghasilkan boneka cantik yang diberi nama Barbie. Boneka Barbie ini pertama kali ditampilkan pada tanggal 9 Maret 1959 di American International Toy Fair, New York.Tanggal itu juga sudah secara resmi ditetapkan sebagai tanggal ulang tahun Barbie.

1 komentar:

  1. Great blog, checkou my post at
    http://togetherfornature.blogspot.com/2012/07/what-is-nature.html
    feel free to leave a comment and like us on facebook

    BalasHapus