Jumat, 15 Maret 2013

Jakarta Penuh Sesak

Kalau bicara macet sepertinya sudah hal yg rutin dan biasa didengar oleh masyarakat di ibu kota Jakarta ini. Mungkin hampir tiap hari biasanya pada sekitar jam-jam pergi atau pulang kerja. Hampir semua jalan bisa dibilang selalu saja macet kadang parah menyedihkan. Dari info yg sering kita perhatikan mengatakan banyaknya kendaraan bermotor sekarang ini memang sih sudah melebihi daya tampung dari ruas jalan yg ada. Tetapi tidak juga hanya kendaraan mobil tapi sekarang jumlah sepeda motor yang juga udah sangat banyak banget sih. Ini akhirnya yg buat lalu lintas jadinya kacau. Kita mau gimana coba sekarang tinggal di Jakarta kondisi tiap harinya.

Kalau lagi mulai ujan deras pasti itu hampir semua selokan dan got terutama nih yang mampat atau aliran sungai pastinya jadi banjir. Perlu disadari ini memang akibat penduduk kota sendiri deh yg buang segala macam sampah suka-sukanya. Kebiasaan dan budaya ini memang sulit banget untuk dirubah. Dan lagi dgn curah air kiriman dari sekitar Jakarta. Kalau ini karena pengaturan air terutama nih di hulu sungai yg memang tidak baik. Dan ini akibat sampah kita yg memang menumpuk di area sungai ruwet jadi nya.

Andaikan kita mencoba pikir-pikir mau gimana coba pemecahannya? Bisa dibilang ini sekedar ngobrol saja sih. Untuk solusinya sendiri sih kita kayaknya masih hanya bisa pasrah dan bersabar gitu deh. Dulu sih ada rencana untuk pidahkan ibukota tapi kayanya sih ini rencana doang. Karena tidak bakalan lah segampang itu seperti yg dipikir orang. Ada juga belum begitu lama ini dgn cara menaikkan DP dari kredit kendaraan bermotor. Tujuan nya sih ingin coba supaya orang untuk membeli kendaraan bermotor. Kalau dulu kan cuma dengan down payment sedikit kita bisa membawa pulang motor baru. Ya sekarang sih udah lebih sulit lah. Pemerintah DKI sudah coba membuat solusi bagus seperti contohnya menyediakan untuk busway. Solusi ini udah dilaksanakan dan punya dampak positif yg dirasakan oleh masyarakat banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar